-->

Jajanan Khas Yogyakarta yang Populer

Jalan-jalan ke kota Yogyakarta memang akan selalu menyenangkan. Mengunjungi banyak sekali objek wisata menarik di Yogyakarta, sampai dengan memuaskan pengecap dan juga perut dalam wisata masakan keliling Yogyakarta. Kini tiba saatnya untuk pulang, pastinya Anda juga tidak ingin kenangan mengenai Yogyakarta tersebut hilang begitu saja. Nah, salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk bisa tetap ingat dengan kota Yogyakarta ini ialah dengan membeli buah tangan atau jajanan khas kota Yogyakarta tersebut.

Ini jajanan khas Yogyakarta yang populer

Bakpia
Siapa sih yang tidak kenal bakpia? Camilan enak yang satu ini memang sudah melekat dan juga diidentikan dengan Yogyakarta. Bakpia ialah kudapan manis yang dibuat dari adonan tepung terigu yang berisikan kacang hijau dan dioleh dengan cara dipanggang. Selain itu, bakpia juga dekat kaitannya dengan budaya Tionghoa, yang mana dulunya bakpia ini diisi oleh daging babi, tapi dikarenakan pengaruh pemikiran agama Islam di Jawa, sehingga isian bakpia tersebut lalu digandi dengan kacang hijau yang dicincang dan diberikan rasa manis dari gula.

Yangko
Ini merupakan kudapan manis moco khas Yogyakarta. Ya, yangko tersebut memang seolah-olah dengan kudapan manis moci, jajanan yang dibuat dari tepung beras ketan tersebut mempunyai tekstur yang lebih kenyal, berisi kacang cincang, dan juga rasanya yang manis legit seolah-olah sekali dengan kudapan manis moci. Yangko ini mempunyai tampilan yang menarik, dengan bentuk kotak serta warna yang beragam. Untuk satu kota yangko ini biasanya berisi 30 buah dengan citra rasa yang bervariasi.

Geplak
Kota Yogyakarta memang cukup terkenal sekali dengan kulinernya yang bercitra rasa manis dan gurih, termasuk untuk camilannya. Salah satu yang harus Anda coba dan bisa dijadikan sebagai buah tangan khas Yogyakarta ini ialah geplak. Geplak dibuat dari daging kelapa yang telah diiris tipis serta dimasak dengan campuran gula sebagai pemanisnya. Sekarag ini, geplak sudah dimodifikasi sehingga juga tersedia dalam banyak sekali varian rasa serta warna cerah yang sangat menggoda.

Gudeg kering
Suka gudeg akan tetap khawatir busuk pada ketika ingin membawa pulang makanan tersebut untuk dijadikan sebagai buah tangan khas Yogyakarta? Jangan khawatir, alasannya Anda bisa membawa gudeg kering sebagai buah tangan khas Yogyakarta untuk keluarga di rumah. Gudeg kering ini tidak banyak berbeda dengan gudeh lembap pada umumnya, hanya saja proses memasaknya yang butuh waktu lebih lama dan rasanya pun juga cenderung lebih manis daripada gudeg basah. Bahkan gudeg kering ini bisa bertahan sampai 3 hari, untuk penyimpanan terbaiknya silakan Anda letakkan di dalam lemari es.


Itulah gosip perihal jajanan khas Yogyakarta yang populer. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi para pembacanya.

 

Start typing and press Enter to search